Seruni Kuning

krisantenum_04

krisantenum_03

krisantenum_02

Satu foto sudah diunggah di instagram beberapa hari yang lalu. Tapi boleh dong saya post ulang di sini, dengan beberapa tambahan “teman” yang lain. Lumayan daripada blog ini dianggurin.

Namanya bunga Krisan atau Piretrum atau kadang disebut dengan nama Seruni. Bahasa latinnya “chrysantemum” yang berasal dari kata “chrys” yang berarti emas dan kata “anthemion” yang berarti bunga.

Bunga krisan dianggap sebagai simbol sukacita, optimisme dan kasih sayang. Konon, pada masa kekaisaran Meiji di Jepang, bunga krisan merupakan simbol kehormatan. Bunga ini sering dipakai untuk menghiasa singgasana kaisar, bahkan pada masa itu lambang bunga seruni dilarang digunakan di luar rumah tangga kekaisaran.

 

3 Replies to “Seruni Kuning”

  1. Dan Seruni juga nama anak Bapak, kalau saya tak salah ingat? Oalah, krisan itu seruni toh… baru tahu saya. Sampai sekarang setahu saya krisan masih jadi lambang Kekaisaran Jepang, kalau bahasa Inggrisnya katanya Crysanthemum Throne :hehe. Keren memang bunga ini, kelopaknya banyak, terus bisa dijadikan teh juga :hehe.

Leave a Reply